Kabar Bebas

Berita Hukum, Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Kesehatan

SIAPKAH KALI DI JAKARTA VS HUJAN 2008

Posted by qidis pada Oktober 27, 2008

Musim hujan telah tiba, di desa-desa yang berpencaharian petani sudah mulai sibuk mengolah sawah untuk di tanami. Bagi di daerah sawah tadah hujan, musim hujan adalah anugerah, karena saat itulah mereka (petani) akan memulai melakukan hubungan produksi. Tapi itu lain dengan warga yang tinggal di Ibu kota Jakarta, musim hujan tiba menjadi kekawatiran semua warga. Warga sibuk siap-siap apabila terjadi banjir. Sudah banyak di prediksi bahwa Jakarta akan terjadi banjir, pemerintah daerah telah manyiapkan segala sesuatunya. Revitalisasi sungai-sungai yang membelah Jakarta Jakarta, sampai dengan pencegahan represif yaitu mengiapkan dana milyaran rupiah.

Gambar di samping adalah kali cideng yang merupakan anak kali ciliwung. ini adalah kali terdekat dengan Istana Negara, kalau sampai kali ini gak bisa menampung air hujan maka istana akan tenggelam.

Ironis memang, kali yang seharusnya di jaga dan dirawat dengan baik, tapi kalau di jakarta di jaga dengan beton, bagaimana ekosistem di sekitar kali? semua hilang.

Terlihat juga betapa kotornya kali tersebut, limbah dari perkantoran, rumah tangga, dan industri adalah penyebabnya. Namun bagi sebagian orang betapa kotornya kali tersebut tetap menjadi tempat mencari uang. Terlihat seorang Bapak sejak jam 05.00 wib pagi menjadi ikan dengan jaring kecil (seser) mencari ikan (gambar atas pojok kanan).

Kita semua berharap musim hujan yang mulai tiba, tidak mengakibatkan bencana banjir. Amin.

Satu Tanggapan to “SIAPKAH KALI DI JAKARTA VS HUJAN 2008”

  1. lyntang said

    duwh masih saja ada orang yang mengais sedekit rejeki dari sungai yang telah tercemar berbagai macam limbah,,,,,
    sangat disayangkan,,,,manusia sekarang seakan tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungannya….sehingga ada bebrapa orang yang terpaksa mencari nafkah dengan mengaduk2 suangi yang tercemar

    keep clean the river kawand

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: