Kabar Bebas

Berita Hukum, Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Kesehatan

KESADARAN BERBASIS KOMUNITAS

Posted by qidis pada November 3, 2008

Di ibu kota besar Jakarta semua orang bisa melihat bagaimana kesadaran penghuni kota ini sangat rendah kesedaranya. Dalam hal berlalu-lintas kendaraan bermotor misalnya sesama pengendara saling menginginkan terdahulu yang akhirnya malah mengakibatkan semua terhenti. Contoh lain, tidak hanya penghuni yang berada di pemukiman elit, di pemukiman dalam yang kumuh masalah sampah sama saja.

Di pemukiman elit masih ada terlihat selokan yang macet karena sambah rumah tangga. Di pemukiman dalam yang kumuh masalah bak sampah. Sulit menemukan tempat sampah, sehingga bagi yang “mempunyai sampah” akan membuang di semabarangan, yang akhirnya mengakibatkan tumbuh berkembangnya bakteri dan menyebabkan penyakit.

Dua masalah ini bisa dengan jelas kita lihat di Ibu Kota Jakarta, kini bagaimana solusinya. Untuk mengatur dan menata orang begitu banyak memanglah sulit, apalagi yang akan di atur orang yang masih dalam ekonomi sulit atau orang kaya yang mempunyai ego tinggi. Semua ini dapatlah kita pikirkan bersama. Kita kesulitan mengatur atau menata banyak kesulitan maka secara teori dapat kita lakukan penggabungan-penggabungan atau kelompok sehingga kita bisa menjadikan obyek kita kelompok tersebut, sehingga akan lebih sedikit dan terjangkau bila di banding dengan orang-per-orang.

Kelompok yang saat ini ada yang berpotensi adalah komunitas-komunitas yang telah terbentuk dari kesadaran dan latar belakang yang sama. Misal, komunitas motor tiger, Honda Jazz dan sebagainya. Komunitas-komunitas itu lah yang akan menjadi media sosialisasi dalam penyadaran. Maka alangkah baiknya bila pemerintah lebih memperhatikan komunitas semacam tersebut.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: