Kabar Bebas

Berita Hukum, Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Kesehatan

KFC ala Klaten / Angkringan

Posted by qidis pada November 9, 2008

Namanya Pak Be, topi warna putih tidak pernah ketinggalan tiap malam ikut menemani Pak Be berjualan nasi kucing di daerah perumahan elit Tegal Rejo. Padahal kan tidak panas, kenapa pakai topi? .. eh .. ternyata Pak Be ikut trend anak muda.

Di kota pelajar ini tidak sulit menemukan angkringan (Nasi Kucingan), hampir disetiap gang di Jogja selalu ada, biasanya tenda warna pink ataupun warna biru. Cukup beragam menu yang di sajikan, namun ada menu standar atau wajib, yaitu nasi kucing teri atapun “ongseng”, gorengan, kepala ayam, cakar ayam, sate usus, sate telur burung, sebagai minuman wajib adalah wedang teh, dan jahe. Namun banyak juga yang ditambah fariasi untuk menarik konsumen, misal sate kuda, sate bekicot, saren, nasi pun dapat berfariasi misal nasi padang, nasi bandeng dan sebagainya.

Menjadi aneh atau sudah menjadi ciri khas, hampir semua penjual angkringan berasal dari Klaten atapun Wonosari, kalaupun bukan berasal asli dari daerah tersebut minimal istrinya dari daerah tersebut. Seperti diatas, Pak Be bukan orang Klaten maupun Wonosari, namun istrinya orang Wonosari, ada lagi di Jl. Kusumanegara, nama panggilanya Kancil dia berasal dari Klaten sekaligus istrinya orang Wonosari.

Fenomena yang menarik, dapat disimpulkan bahwa angkringan identik dengan Klaten atapun Wonosari. Hal ini sangat dimungkinkan bisnis angkringan dijadikan simbol atapun ciri khas daerah tersebut. Dimana pemerintah daerah harus bisa menfasilitasi, siapa tahu angkringan akan menjadi Kentcuki Fread Chiken (KFC) atau yang lain.

Selain angkringan adalah rumah makan (RM) Padang, RM Warteg dan burjo (yang identik dengan Kuningan, Jawa Barat).

Kalau memang pemerintah  benar-benar menjadi fasilitator dari aspirasi rakyat, potensi tersebut dapat diperhatikan. (Sidiq, 7/04/06)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: