Kabar Bebas

Berita Hukum, Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Kesehatan

Galian Pipa Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Jakarta

Posted by qidis pada November 21, 2008

21-11-08_1759Semua orang bisa melihat aktifitas “pengrusakan” jalan yang di lakukan oleh pembisnis sektor komunikasi (telkom, telkomsel, indosat, xl dll), perminyakan (pertamina) dan sanitasi (Pam jaya dll). Hampir tidak sempet bagus jalan ini, selesai dipertebal sama PU, gak lama digali untuk pemasangan kabel telkom, belum lama selesai di gali lagi operator lain dan seterusnya.

Bagi yang tiap hari lewat jl. daan mogot, saat ini kita bisa liat di jalan tersebut tepatnya depan RS. Royal Taruna sepanjang jalan tersebut yang tiap pagi, siang, sore macet, saat ini ada aktifitas penggalian. Kita juga semua tahu belum lama ini jalan tersebut abis di gali untuk perbaikan sanitasi. Mengapa tidak berbarengan saja, sehingga efisiensi keuangan, efisiensi waktu, kemacetan pun di tidak berlarut-larut dan berulang-ulang.

Coba ingat lagi sekitar bulan Januari-Pebruari tahun 2008, Jalan alternatif pinggir kali antara Citraland sampai dengan pasar Pesing ada aktifitas penggalian pipa Pertamina, saat itu juga terjadi banjir jilid 2 di Jakarta. Pertanyaanya, kenapa penggalian pipa tersebut kini terulang lagi di jalan daat mogot, jl alternetif di atas sama dengan jalan di daan mogot, kenapa ini terjadi lagi. dan kalau kita cermati lagi, kenapa penggalian dilakukan di sepanjang jl daan mogot, tidak persisi di samping kali seperti yang di lakukan pada bulan sekitar Januari-Pebruari 2008? Apa mungkin ini kepetingan di Sekitar Citraland yang tidak mau terganggu, kalau ini benar, maka kepentingan umum di kalahkan lagi. Liat foto di atas, begitu macetnya.

 

 21-11-08_18041Itu adalah aktifitas penggalian pipa pertamina. Memang untuk membuat jalur distribusi minyak dan juga efisiensi pendistribusian boleh di lakukan penggalian-penggalian untuk dipasang pipa, namun ada kepentingan umum di situ, setiap hari jutaan kendaraan melintas.

Kita berharap para pembisnis yang memanfaatkan jalan untuk hal-hal seperti tersbut di atas, bisa saling koordinasi dan bersama-sama dalam melakukan kegiatan penggalian.

Peran pemerintah juga harus dapat menfasilitasi sebagai mediator dalam hal tersebut, apalagi semua perijinan ada pada pemerintah.

Ini baru pelaku Operator Komunikasi, Perminyakan, Pam ke dapan pasti akan ada perusahaan-perusahaan lain yang juga memfaatkan jalan sebagai jalan distribusi bawah tanah, misal PLN adalah perusahaan potensial melakukan itu. Di negara-negara maju, di perkotaan sudah tidak ada lagi kabel listrik, telpon memakai tiang, semua di bawah tanah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: